NIRMANA WARNA

Dulu pernah bangga waktu ngumpulin hasil nirwana warna buatan sendiri . . . :)
Waktu itu tahun 2011. Semester 2 kelas X . . ^ - ^
Setelah buat selama 1 malam, paginya langsung presentasi di hadapan Pak Eko (Guru SB kelas X). Waktu itu bikin tugasnya emang mendadak. hhehe [dilarang keras untuk meniru hal ini]
Malam hari waktu buat nirmana warna, rumah udah sepi kayak kuburan. Keluarga udah stay di rumah Ibu Bidan :)
Dug..dug..dug.. Ponakanku cewek atau cowok ya? Selamat ngga ya? Kakak iparku semoga baik-baik aja. Nah, sambil ngerjain nirmana warna pikiran emang udah kacau mikirin kakak ipar yang baru berjuang buat melahirkan. Nirmana warnaku campur aduk gila-gilaan. Alat pewarnanya pun ngga cuma dari 1 macam saja. Semua yang aku punya aku gunain. Ada CRAYON, SPIDOL, PENSIL WARNA (WATER), PENSIL WARNA (CLASIK), CAT AIR. Hasilnya? Lumayan . . . :) Tapi semua yang melihat pasti tahu itu buatan anak cewek ^ - ^

Waktu presentasi, banyak temen yang senyum. Selain dari hasilnya ternyata juga cara presentasikulah mereka bisa demikian. Setelah presentasi hasil nirmana warna dikumpulkan. Seminggu kemudian semua nirmana warna kelas X1 dibagikan. Pas dilihat-lihat hasilku ngga ada. Mana ya...?? Masa hilang?
Ternyata beberapa hasil karya emang sengaja ngga dikembaliin. Pas ditanya lagi, katanya sih itu buat arsip guru + contoh adik-adik kelas nanti :) Kalau dipikir yang namanya arsip khan berarti istimewa... :)

Alhamdulillah.. Keponakan baru kali ya yang bikin aku beruntung. hhehe
Sayangnya hasil karyaku belum sempet diabadikan :( Ngga ada satupun foto atau scan hasil karyaku itu T.T jadi nyesel >,<
Warna yang aku ambil adalah campuran. Dilihat dari sisi background warna yang aku ambil warna kontras, dari sisi ornamennya aku ambil warna selaras, dan dari sisi pewarnaan total paling banyak warna dingin :)
Aku memang ngga suka diikat dalam keteraturan yang bikin mata jadi tegang dan cepet capai. Contoh dari nirmana yang ngga aku suka kayak gini ni:


Nirmana yang bikin pusing

Aku sukanya yang simple tapi keren. Gimana ya jelasinnya? Warnanya itu bisa nyenengin kalau dilihat-lihat :)
Kontras nggapapa, tapi bisa enak aja kalau dinikmati. hhehe
Yang begini juga lumayan:


Nirmana yang bikin tentrem

Nah, kalau yang ini warnanya bikin tentrem. Karna emang si pembuat bikinnya pakai warna-warna dingin :)
Nirmana warna kayak apapun kadang bisa mencerminkan watak dan suasana si pembuat. Walaupun nirmana itu dibuat tanpa maksud, arti, dan pemahaman. Nirmana hanya dibauat secara mengalir tanda harus menimbang dari segi sosial atau yang lainnya. Kalau kata Pak Eko sih, kalau udah ada maksud dari setiap goresnya itu dinamakan lukisan. Seumpama pemilihan warna x dimasksudkan keadaan orang-orang yang sedang dalam x di suatu negara x. Pokoknya gitulah :)

Intinya itu...
Nirmana adalah sekumpulan titik, garis, bidang bahkan warna yang dirancang dengan sedemikian rupa hingga menghasilkan sebuah karya seni rupa namun TIDAK MEMILIKI MAKNA. Nirmana warna adalah sebagian cabang dari nirmana itu sendiri. Namun pada nirmana warna yang diutamakan adalah UNSUR WARNANYA.

Dan ini ada beberapa contoh yang aku download sana-sini.. Pengennya sih hasil karyaku yang aku upload disini :(




Terimakasih atas beberapa orang yang nirmana warnanya sudah aku post tanpa seijin yang punya. Maaf karena ngga bisa nyantumin alamat blog/ web kalian karna aku emang lupa buat nyatetnya.. Yang jelas aku ngga ngaku-ngaku kalau ini karyaku :) SEKIAN